Tentang Kami

PENGANTAR DIREKTUR

Pendidikan khusus dan layanan khusus merupakan salah satu komponen dalam sistem pendidikan nasional yang membantu individu berkebutuhan khusus untuk mencapai perkembangan potensinya secara maksimal. Pemikiran kontemporer menyarankan bahwa layanan sebaiknya diberikan di lingkungan yang lebih alamiah dan normal yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Di Indonesia, pendidikan khusus dan layanan khusus berarti pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan yang unik dari anak dengan kelainan dan hambatan. Sesuai dengan UU No.20 Tahun 2013 pasal 32, Pendidikan khusus hadir untuk melayani anak-anak dengan hambatan kecerdasan, emosi, sosial atau memiliki kecerdasan atau bakat istimewa. Sedangkan pendidikan layanan khusus diberikan kepada anak-anak yang memiliki hambatan geografis, ekonomi, terpencil, termarginal dan lain-lain.

Pencermatan kembali atas janji kemerdekaan, amanat Konstitusi, Nawa Cita serta kondisi terkini khususnya yang berkaitan dengan anak-anak berkebutuhan khusus dan/atau yang termarginalkan maka mendorong perlunya disusun Rencana Strategis Direktorat Pembinaan PK dan LK Tahun 20152019. Secara teknis, proses penyusunan dan penyajian Rencana Strategis dilakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Selanjutnya, Rencana Strategis ini harus digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan dan pengendalian tahunan pembangunan pendidikan khusus dan layanan khusus.